Minggu, 15 Maret 2015

Pengaruh Dongeng dalam Pendidikan Karakter Remaja



Dongeng adalah satu karya lisan yang berisi cerita cerita menarik. Dongeng juga merupakan cerita yang tidak benar benar terjadi di kehidupan nyata atau fiksi. Banyak dongeng yang berlatarkan zaman dahulu, walaupun kadang hal tersebut tidak mungkin terjadi seperti fabel. Fabel adalah dongeng yang bertokohkan hewan. Sehingga bukan hal yang mungkin hewan bisa berbicara layaknya manusia. Biasanya cerita dalam dongeng bertema petualangan, persahabatan, dan budi pekerti. Dalam dongeng menceritakan tentang kebaikan yang melawan kejahatan dan kebaikan pasti menang. Sehingga seluruh dongeng mengajarkan hal hal positif yang patut di contoh. Dari cerita tersebut bisa kita ambil hikmahnya dan kita terapkan dalam kehidupan sehari hari.


Walaupun begitu, kita sebagai remaja zaman sekarang banyak yang tidak mau membaca cerita cerita dongeng dengan berbagai jenis alasan. Mulai dari dongeng yang katanya kuno dan ketinggalan zaman sampai dongeng yang katanya juga hanya untuk anak kecil saja. Dongeng juga dianggap membosankan dan hanya fiksi saja. Padahal kita sering membaca novel yang terkadang fiksi juga, dan tidak semua novel mengajarkan hal hal yang positif. Sebenarnya banyak cerita dongeng yang mengisahkan permasalahan yang sama dengan yang sering dialami oleh remaja. Sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menyukai cerita cerita dongeng.


Di berbagai sekolah, hampir semuanya memiliki fasilitas perpustakaan. Biasanya di perpustakaan disediakan banyak sekali buku buku bacaan yang bisa dijadikan pendukung dalam belajar mengajar. Diantaranya buku pelajaran, ensiklopedi, dan buku cerita. Tapi jarang sekali siswa yang datang ke perpustakaan untuk sekedar membaca atau meminjam buku. Kalaupun ada, kebanyakan karena ada tugas dari guru atau mengerjakan tugas bersama. Padahal buku adalah jendela ilmu. Di perpustakaan, banyak sekali buku cerita yang berisi dongeng, namun kita bahkan jarang sekali mau meminjam buku buku tersebut karena gengsi atau pun malas membaca.


Dengan dongeng, sebenarnya kita dapat membangun karakter yang baik. Karena dalam dongeng yang berisi hal hal positif tersebut dapat kita contohkan dalam kehidupan sehari hari. Dengan begitu karakter baik akan terbangun dalam diri kita. Seperti bersikap jujur, rendah hati, kerja keras, berani dan lain lain. Karena dongeng memang ditujukan untuk membangun karakter pembacanya agar seperti yang dimaksudkan cerita tersebut. Dengan karakter tersebut kita bisa menumukan siapa kita sebenarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar