Jumat, 08 April 2016

Kongsi Dagang Eropa


  • EIC
Yup, yang pertama ingin saya bahas adalah EIC. Apa EIC itu??? EIC ini adalah kelompok dagang milik inggris. Nah kepanjangan dari EIC sendiri adalah East Indian Company. Nah, dari namanya saja kita tahu bahwa kelompok dagang ini ada di India.

Kenapa kok ada India??? Nah, gini nih, pertama kan penjelajahan samudra, nah sampai kan para pelayar ke India. Dari situ para pelayar bisa meramaikan perdagangan di Lisabon dengan rempah-rempah. Nah, Lisabon ini dikuasai oleh Portugis, dan ternyata Inggris memiliki permusuhan dengan Portugis. Maka, Inggris mencoba untuk melakukan pelayaran sendiri, dan sampailah mereka di India. Di India ini mereka membuat basis perdagangan, nah dinamailah basis ini dengan EIC. Nah, EIC ini terus berkembang yang awalnya cuma berdagang menuju ke hal yang sifatnya politis. Bahkan mereka mampu menguasai India (ada sebagian yang bilang bahwa hal ini menyatukan administratif India ke depannya). Bahkan juga pada tahun 1811 mereka sampai di Nusantara.

  • PEIC
Nah, sekarang kelompok dagangnya portugis. Namanya Portugis East India Company. Kelompok dagang ini digagas oleh Raja Phillip 2. Berdiri pada Agustus 1648 dengan nama Companhia do commércio da Índia (Companhia da Índia Oriental). Nah, kelompok dagang ini tujuannya untuk menjaga perdagangan Portugis di India. Namun ternyata kelompok dagang ini tidak berjalan dengan baik.


  • SEI
Selanjutnya adalah kongsi dagang bangsa Spanyol, namanya adalah Spanish East Indies. Nah, pusat dari kongsi ini adalah di Manila, Filipina. Kongsi ini berdiri pada tahun 1565. Organisasi ini merupakan suatu imperium yang menguasai Filipina, Guam, Mariana, Caroline. Imperium ini juga menguasai utara Kalimantan untuk beberapa waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar